Cara Pasang Harga di Go Food, Grab Food dan Shopee Food

Tips Cara Pasang Harga di Go Food, Grab Food dan Shopee Food

Posted on

Hitung Harga Jual GoFood

Cara Pasang Harga di Go Food, Grab Food dan Shopee Food

Cara Pasang Harga di Go Food, Grab Food dan Shopee Food – Berbisnis kuliner melalui platform delivery online seperti GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood memang sangat menguntungkan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap mendapatkan keuntungan.

Salah satu yang paling penting adalah menghitung harga jual dengan benar.

Yuk, simak cara menghitung harga jual online di platform tersebut dan beberapa tips penting lainnya!

Menghitung Harga Jual Online

Platform delivery online umumnya mengenakan komisi kepada penjual, yang bisa mencapai 30%. Karena itu, harga jual online harus disesuaikan agar bisnis tetap untung.

Menentukan Harga Jual Grab Food

Untuk GrabFood, komisi yang dikenakan adalah 30%. Jika harga jual offline Anda adalah Rp13.000, tambahkan minimal 40% untuk menentukan harga jual online.

Kenapa 40%? Karena selain komisi, Anda juga perlu mengantisipasi biaya promosi seperti gratis ongkir atau diskon yang dibebankan kepada penjual. Jadi, harga jual minimalnya adalah Rp18.200.

Cara Menentukan Harga Jual di GoFood

Komisi GoFood adalah 20% ditambah Rp1.000. Untuk menghitung harga jual, gunakan rumus harga jual offline dikali 30% ditambah Rp1.000.

Misalnya, jika harga jual offline Rp13.000, maka harga jual online minimalnya adalah Rp17.900.

Cara Menentukan Harga di Shopee Food

Komisi Shopee Food saat ini adalah 20%. Sama dengan sebelumnya, Menghitung harga jualnya cukup dengan menambahkan 30% dari harga jual offline.

Jika harga jual offline Rp13.000, maka harga jual online minimalnya adalah Rp16.900.

Menyamakan Harga Jual di Semua Platform

Agar lebih sederhana, samakan harga jual di semua platform dengan mengambil harga yang paling tinggi.

Misalnya, ambil harga jual minimal di GrabFood yaitu Rp18.200. Ini akan menyederhanakan operasional Anda dan menjaga harga tetap kompetitif di berbagai platform.

Menghitung Harga Jual Offline

Untuk menghitung harga jual offline, pertama-tama hitung modal per porsi secara detail, termasuk biaya bahan baku, kemasan, listrik, gas, transportasi, dan lainnya.

Misalnya, jika modal per porsi Rp10.000, tambahkan margin keuntungan minimal 30%. Jadi, harga jual offline minimal adalah Rp13.000.

Tips Tambahan

  • Survei Harga Kompetitor: Pastikan harga jual Anda tetap kompetitif dengan melakukan survei ke toko-toko saingan.
  • Paket Promo: Jual paketan seperti family pack atau bundel dengan minuman untuk menarik minat pelanggan.
  • Perhatikan Kualitas dan Layanan: Pastikan kualitas makanan tetap terjaga, layanan cepat, dan kemasan aman agar pelanggan puas.

Jangan lupa untuk memperhatikan aspek pajak dan NPWP yang biasanya diperlukan oleh platform delivery online. Selain itu, pastikan bisnis kuliner Anda selalu siap menghadapi promo-promo yang sering diadakan oleh platform tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *